Ciamis, FaktaIndonesiaNews.Com – Event tahunan Ngarak Pataka kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Ciamis yang ke 381.

Seperti biasa kegiatan Ngarak Pataka ini akan dilaksanakan di 5 eks kawedanaan dimulai dari Kawedanaan Kawali, Tambaksari, Banjarsari, Ciamis dan terakhir Panumbangan.

Bupati Ciamis menyebutkan bahwa Ngarak Pataka tersebut dimaksudkan agar masyarakat Tatar Galuh Ciamis mengetahui lahirnya Kabupaten Ciamis yang jatuh pada 12 Juni, sehingga kemudian menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap daerahnya.

‚ÄúTidak hanya sekedar ngarak pataka, akan tapi juga dimaksudkan agar masyarakat mengetahui hari lahir Ciamis ,12 Juni,” ucap Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya saat menghadiri Ngarak Pataka di Kawedanaan Kawali, Jum’at (12/05) malam.

Selain itu, diungkapkan Bupati Ngarak Pataka Hari Jadi ke 381 Kabupaten Ciamis tersebut sebagai spirit semangat pembangunan masyarakat Ciamis.

Lebih lanjut, Ia menerangkan pada mulanya alasan kegiatan ngarak pataka ini dipecah di tiap Kawedanaan adalah untuk menghindari kerumunan karena pandemi, namun pada kenyataanya semakin menarik antusias masyarakat.

“Untuk menghindari kerumunan acara ngarak pataka dan yang lainya kami sebar di 5 eks kawedanaan, namun bukan menghindari kerumunan tapi menambah kerumunan dengan lonjakan pengunjung,” jelasnya.

Namun begitu ia mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya, serta yang lebih penting menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Diketahui, Rangkaian acara Ngarak pataka 2023 di Eks Kawedanaan Kawali dimeriahkan oleh penampilan seni budaya, pameran ekraf dan berbagai macam pelayanan terpadu.

Disamping itu, ada penampilan, sajak sunda Kang Godi Suwarna, tarian pataka Daya Putra Galuh dan hiburan seniman Kang Ohang.

Rangkaian Ngarak Pataka 2023 juga disiarkan secara live streaming melalui youtube Diskominfo Ciamis dan BP2D Ciamis.

Sumber : FaktaIndonesiaNews.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *