Ciamis, FaktaIndonesiaNews.Com — Dampak hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Kabupaten Ciamis mengakibatkan bencana banjir dan beberapa wilayah mengalami pergeseran tanah salah satunya di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamia, Sabtu (06/6/2023).

Desa Saguling merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak bencana akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah Ciamis. Dampak dari hujan deras tersebut tanah di lokasi Desa Saguling mengalami pergeseran yang mengakibatkan Lima (5) rumah warga mengalami kerusakan.

Pemerintah Kabupaten Ciamis yang langsung menerima laporan adanya pergeseran tanah yang mengakibatkan 5 rumah warga rusak langsung memberikan tanggapan melalui Dinas Sosial (DINSOS).

Kepala Dinsos Eka Oktavian yang langsung sigap ke lokasi kejadian menjelaskan, adanya rumah warga yang rusak dampak dari curah hujan yang sangat tinggi yang membuat tanah bergeser hingga berdampak pada rumah yang ditinggali oleh warga.

” Karena curah hujan yang sangat tinggi yang mengakibatkan tanah bergeser,” ucapnya

Lanjut Eka, dengan adanya bencana atau musibah tersebut, Pemkab ciamis melalui Dinsos langsung ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan bagi warga yang terkena dampak pergeseran tanah tersebut.

“Kami langsung ke lokasi memberikan bantuan berupa bantuan logistik beberapa makan siap saji, sembako dan kasur,” terang Kepala Dinas Sosial

Lebih lanjut Eka menyampaikan, untuk rumah warga yang mengalami rusak, belum bisa dilakukan penanganan atau perbaikan dikhawatirkan tanah di lokasi tersebut masih mengalami pergeseran.

“untuk perbaikan rumah kita belum bisa memastikan, dikarenakan kondisi di lokasi masih berbahaya dikuatirkan msh mengalami pergerakan tanah, untuk sementara pemilik rumah dievakuasi ke rumah penduduk terdekat,” ujarnya

Di tempat yang Sama Kepala Desa Saguling Totong menerangkan, sedikitnya ada 5 rumah warga yang terkena dampak bencana pergeseran tanah dari 5 rumah ada 2 rumah yang mengalami rusak berat

” Semuanya ada lima rumah yang rusak, dua rumah perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah untuk perbaikan karena cukup parah,” Ucapnya

Totong juga menambhakan, Terimakasih kepada pemerintah Ciamis yang telah memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak bencana khusus warga di desa saguling.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan pemerintah ciamis kepada warga saya, semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka,” ujarnya

Lanjut Totong, kepada pemerintah ciamis semoga kedepannya bisa lebih respon lagi jika ada bencana untuk memberikan bantuan baik bantuan sembako atau bantuan tenaga.

” Mudah”an jika ada bencana bisa lebih cepat apa lagi kalau bantuan sembako, waktu bencana Cianjur saja kita dari desa saguling sigap membantu ke sana, masa bencana di ciamis kita ga sigap, ” tegas Totong

Totong juga berharap, ada bantuan dari pemerintah ciamis untuk perbaikan 2 rumah warga yang rusak parah.

” Saya berharap ada bantuan bagi 2 rumah yang rusak parah, karena rumahnya yang rusak parah mungkin perbaikannya harus dirobohkan dulu baru dibangun kembali makanya saya meminta orang-orang yang ahli dalam melakukan perobohan kalau sama warga cukup berbahaya,”ucap Totong Kepala Desa Saguling.

Sumber : FaktaIndonesiaNews.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *