CIAMIS, (GNC); – drg. Hj. Rita Wardhani, Sp.PM, Subsp.Inf. (K) meraih anugerah penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan (Nakesdan) 2023 tingkat nasional untuk kategori dokter gigi spesialis di Rumah Sakit Milik Pemerintah.

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. Dante Saksono Harbuwono menyerahkan secara langsung kepada drg. Rita, pada Jum’at (18/08/2023) bertempat di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta.

Keberhasilan drg. Rita menambah panjang daftar prestasi yang diraih oleh Kabupaten Ciamis khususnya pada tahun 2023 ini.

Dilansir dari web pemkabciamis.com, drg. Rita mengatakan melalui telepon, bahwa keberhasilan ini dipersembahkan kepada masyarakat Ciamis dan institusi tempat bekerja. Sejak persiapan mengikuti Nakesdan 2023, banyak kontribusi masyarakat sebagai pasien dan dinas yang mendorong.

“Syarat mengikuti ajang Nakesdan dimulai dari menemukan sebuah inovasi yang dilakukan dalam pelayanan praktek pasien sehari-hari, kemudian mendiskusikan dengan pihak manajemen RSUD Ciamis dan dilakukan penilaian oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Inovasi ini yang menjadi keunggulan dalam ajang bergengsi tersebut,” Jelas Rita.

Menurut Rita, kriteria penilaian meliputi orisinalitas dari inovasi, inovasi yang sederhana namun dapat mencapai sasaran yang diinginkan dan menggunakan alat yang mudah serta murah digunakan. Kriteria ini rupanya bisa dilewati sehingga inovasi ini mendapatkan penilaian yang bagus.

“Setelah menerima penghargaan ini, saya akan melakukan kordinasi dengan pihak Bidang Kesmas di Dinas Kesehatan bersama Kabid dr. Eni Rochaeni, M.Kes agar inovasi DiESEL (Deteksi Dini Serostomia pada Lansia) bisa diaplikasikan di Puskesmas-Puskesmas di Kabupaten Ciamis,” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Rita mengatakan bahwa Pemkab Ciamis melalui Direktur RSUD Ciamis dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis sangat mendukung inovasinya. Pemkab Ciamis selalu mensupport setiap tahap demi tahap perlombaan Nakesdan 2023 dari mulai penilaian tingkat Provinsi hingga bisa mencapai juara tingkat Nasional.

“Alhamdulillah dukungan Pemerintah Kabupaten Ciamis luar biasa, saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakilnya Yana D Putra yang memberikan ruang kreativitas inovasi. Tanpa kebijakan Bupati, tentu saja Dinas Kesehatan dan RSUD tempat saya bernaung tidak bisa leluasa mendampingi saya dalam semua tahapan,” Ungkap Rita.

Anugerah Penghargaan Sumber Daya Manusia (SDM)

Diketahui, Acara Penganugerahan Penghargaan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2023 bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pengabdian, prestasi kerja, dan atau inovasi serta peran aktif tenaga kesehatan dalam mendorong keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan.

Acara Penganugerahan Penghargaan Nakesdan Tahun 2023 dibuka oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pada Rabu (16/08/2023).

Acara penganugerahan penghargaan ini mengusung tema kegiatan ”Upaya Pemerintah Dalam Pemenuhan Tenaga Kesehatan di Seluruh Wilayah Indonesia” dan tema penganugerahan penghargaan adalah “Bangga Melayani Bangsa”.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan SDM Kesehatan Teladan sebagai agen perubahan peduli, empati, solutif untuk menyelesaikan masalah dan sesama Tenaga Kesehatan dan kader.

“Kesehatan teladan ini adalah sebagai agen perubahan dalam menyelesaikan masalah sesama tenaga kesehatan untuk dapat menjadi contoh bagi keluarga, masyarakat dan untuk bergaya hidup sehat, berperilaku adaptif dengan teknologi informasi serta SDM Kesehatan Teladan khususnya tenaga kesehatan harus mampu mengembangkan diri dan berprestasi di kancah internasional,” Jelas Menkes Budi.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian, juga mengungkapkan bahwa acara ini merupakan langkah awal mendukung main case dalam memperbaiki ekosistem kesehatan termasuk tenaga ASN non pemerintah dan posyandu serta akan membantu mewujudkan ide-ide kreatif yang dikerjakan selama tiga tahun dan ingin melihat perubahan untuk kesehatan. (Adhmia)***

Sumber : galuhnews.com

15 thoughts on “Prestasi! Rita Wardhani Raih Penghargaan Nakesdan Tingkat Nasional Tahun 2023”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *