infopriangan.com, BERITA CIAMIS. Penghargaan demi penghargaan terus diraih oleh Kabupaten Ciamis, pada satu periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Dr. H. Herdiat Sunarya dan Yana D Putra saat ini.

Dengan tema “Memperkuat Sinergi Melangkah Maju Membangun KetahananEkonomi”, dipenghujung tahun ini, Kabupaten Ciamis kembali meraih dua penghargaan Bewara Priangan Timur, yang diberikan kantor perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya.

Ini merupakan ajang penghargaan Bank Indonesia, dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah di Kabupaten/kota se-Priangan Timur.

Dua penghargaan tersebut diraih atas kontribusi daerah dalam mendorong Perkonomian Inklusif dan penghargaan sinergi dan penghargaan kategori Instansi, atas Kolaborasi Percepatan Digitalisasi Pelayanan Publik dan Transaksi Pembayaran, serta Menjaga Stabilitas Inflasi Melalui Penguatan Ketahanan Pangan.

Penghargaan yang diterima Kabupaten Ciamis yang dalam hal ini diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Hendra Suhendra dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo.

Hendra mengucapkan rasa syukurnya dan sekaligus terima kasih, kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, yang telah memberikan dukungan sinergitas serta kolaborasi, dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis.

Dalam hal ini, tentu melalui satu stabilisasi inflasi dan penguatan ketahanan pangan, meliputi pembentukan dan pengembangan klaster seperti klaster padi organik, pengembangan klaster ayam petelur, upaya mempertahankan ketersediaan cold storage ayam pedaging dan program lainnya.

Percepatan digitalisasi juga menjadi faktor dukungan BI dalam memajukan perekonomian di Kabupaten Ciamis, hingga Kabupaten Ciamis meraih penghargaaan nasional sebagai Kabupaten dengan Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah P2DD terbaik Nasional.

Hal ini menurut Hendra, tidak lepas dari keberhasilan dan keseriusan Bupati Ciamis H. Herdiat sunarya, dalam meningkatkan dan menumbuhkan perkonomian di Kabupaten Ciamis.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Aswin Kosotali mengatakan, di tengah tantangan global dan ketidak pastian iklim perekonomian yang salah satunya diakibatkan tekanan geopolitik dunia, inflasi global dan perlambatan pemulihan ekonomi global, tahun 2023 ini perkonomian Priangan Timur diproyeksi akan tumbuh pada rentang 4,8-5,20%.

Tentunya, pertumbuhan positif ini dikarenakan pendapatan masyarakat dan inflasi yang stabil, yang menjaga konsumsi di priangan timur terus tumbuh, selain adanya perbaikan tingkat kemiskinan di Priangan Timur yang jumlahnya terus menurun.

Sumber : infopriangan.com